Selasa, 26 November 2013

BOTAK YANG FENOMENAL DAN GONDRONG YANG STAGNAN



BOTAK YANG FENOMENAL
Berbicara botak pasti asal-muasalnya adalah membicarakan bagian tubuh yang bernama kepala. Kaidah bahasa Indonesia, diterangkan-menerangkan (hukum D-M) atau kaidah gramatika bahasa Inggris, menerangkan-diterangkan (hukum M-D) tentang topik botak adalah seperti pada frasa kepala botak, kata kepala berfungsi sebagai D dan kata botak berfungsi sebagai M. atau dalam bahasa Inggrisnya bald head; bald sebagai M dan head sebagai D.
Rupanya kata botak tidak banyak punya variasi arti menyempit atau meluas seperti kata-kata lain. Misalnya kata tumpul tidak saja untuk pisau, seperti pisau tumpul, tetapi juga mempunyai makna lain, misalnya pada agresifitas permainan sepakbola. Serangan tumpul, striker tumpul, atau klub tumpul bermakna striker atau serangan yang tak menghasilkan gol untuk mencetak angka.
Begitu juga dengan kata tajam, mandul, hujan, dll. yang maknanya meluas. Kata botak masih saja berhubungan dengan kepala atau yang ada di kepala, yakni rambut. Kepala botak pasti kepala tak berambut. Maling ayam dibotaki artinya rambutnya dicukur habis sehingga plontos. Zaman dulu, era dekade 60-an ke belakang, kata botak itu konotasinya minus, tuna, atau bahan olokan/ejekan. Orang tua yang punya bayi atau anak balita akan berkecil hati kalau anaknya berambut tipis/jarang apa lagi sampai tak punya rambut alias botak. Orang dewasa yang rambutnya jarang akan merasa risih karena diejek sebagai orang yang menderita kurang gizi. Orang yang usianya tua tetapi botak akan diejek dengan ibarat botak kayak profesor, karena profesor itu identik dengan kepala botak.
Botak adalah sunnatullah dan manusiawi. Makin tua usia manusia, peluang untuk botak akan terbuka. Botak itu bisa saja secara alamiah bisa dimulai dari kepala bagian depan, bisa dari tengah kepala, dari samping kanan-kiri, dan bisa juga diawali dari belakang.
Namun, botak ternyata bisa menjadi kebanggaan dan trade-mark bagi seseorang. Telly Savalas, sang aktor Hollywood, sangat bangga dengan botaknya (disengaja) dan ketenarannya diperoleh karena dia tetap ajeg dengan penampilan botak. Botak itu bagi Telly Savalas adalah trade-mark dan malahan membawa hoki dan ketenaran.
Ada fenomena yang menarik di tempat saya bekerja. Ada banyak staf biasa yang sudah lama dan berpengalaman bekerja sebagai sebagai staf dengan jabatan pembantu pimpinan. Sebagian dari staf/pembantu pimpinan yang rambutnya sudah mulai berkurang dan menunjukkan kecenderungan kepada botak. Pada awal tahun 2012, seorang staf dengan jabatan pembantu pimpinan diangkat dalam jabatan setara eselon !V. Dia ini, sudah punya gejala botak dan tampak berawal dari bagian depan. Medio 2012, ada promosi untuk eselon !V lagi. Dia ini juga botak, bagian botak sudah tampak jelas bagian atas membentuk lingkaran dan juga bagian belakang sebagiannya. Menjelang kuartal akhir 2013, ada lagi pejabat baru eselon IV diangkat dan dilantik. Pembaca tentu belum tahu dan ingin tahu, apa dia tidak botak, setengah botak, atau botak abis!
Pembaca yang budiman,
Pejabat baru kita ini, botak tuntas di bagian atas kepala seperti peci haji yang menutupi bagian atas kepala, dan rambutnya tersisa pada bagian bawah. Pemandangan yang menarik. Botak yang indah bak ditata.
Ngomongin botak, bicara pejabat yang diangkat bernuansa botak, alih-alih botak ditakuti, sekarang malah dicintai dan digadang-gadang. Para staf yang berpeluang promosi eselon IV pun berkaca-kaca di depan cermin mematut-matut kepala, botak atau tidak. Kalau memang botak, tentu hati riang gembira. Pejabat berikutnya, dengan mengacu kepada pejabat yang botak sebelumnya, tentu lebih berpeluang staf yang botak yang diangkat. Staf di tempat saja bekerja bangga dengan kebotakan yang alamiah.
Botak memang fenomenal!
Fave Aston, Braga, Bandung, 21 Nov. 2013
Gondrong yang Stagnan
Kata gondrong dan kata botak  sama-sama kelas kata adjektiva tetapi kedua kata ini jelas berbeda arti. Gondrong selalu dihubungkan dengan nomina rambut panjang pria dan botak dihubungkan dengan kepala yang tak berambut. Nasib kata gondrong juga berbeda dengan nasib kata botak. Zaman dahulu, masyarakat tak pernah memasalahkan pria berambut gondrong. Para raja yang berkuasa: Raja Henry atau Raja George di Kerajaan Britania Raya berambut gondrong. Jesus Christus dari Nazareth berambut gondrong. Kaisar Romulus dari Romawi atau Julius Caesar juga berambut gondrong. Hercules, Benhur, dan sahabat Jesus pub berambut gondrong. Begitu juga para panglima perang atau komandan tempur jaman kerajaan termasyhur tempo dulu. Rambut gondrong para pria bukan sesuatu yang luar biasa pada zaman dahulu. Tetapi meskipun mereka berambut gondrong, mereka tampil rapih dan gagah.
Dalam ajaran agama (Islam) tidak dipersoalkan apa lagi dilarang seorang muslim berambut gondrong. Nabi saw dan para sahabat  tidak pernah meributkan apa lagi melarang muslim berambut gondrong. Rambut adalah karunia Allah. Urusan dakwah Nabi saw dalam menanamkan pemahaman dan amaliah Islam jauh lebih penting dari “ngurusi” rambut gondrong. Tetapi yang jelas, Nabi saw dan para sahabat tidak pernah berambut gondrong apa lagi panjang tak terurus. Rambut beliau dan para sahabat selalu rapi. Titik.
Itulah yang dicontoh oleh para kaum pria yang muslim. Mereka merasa risih jika punya rambut panjang/gondrong. Tetapi sekali lagi, tak ada anjuran bagi pria berambut panjang (sunnah dan berfadilah), dan tak ada larangan pula bagi pria yang berambut gondrong (makruh apa lagi haram). Sama halnya dengan soal jenggot/janggut. Tak ada sangksi dosa bagi orang yang tak berjanggut dan tak ada pahala bagi orang yang berjanggut (wong sunnatullah, manusiawi banget! Ada orang yang dikaruniai bulu-bulu yang lebat di mana tempat sementara ada pula orang yang jarang bulunya di mana tempat). Kalau ada saudara kita yang mengatakan memelihara janggut berpahala dan tidak berjanggut itu berdosa, perkataannya tak usah didengar dan tak usah dipakai karena tak ada nilainya, “Maksud elu? Saya tak berjanggut, emang masalah buat elu!”
Gondrong atau tidak gondrong adalah soal selera. Para anggota Polri atau TNI dan PNS tidak boleh berambung gondrong adalah soal ada aturan institusi yang mengikat. Gondrong atau tidak gondrong tak ada kaitannya dengan hablum-minallah sepert beribadah salat, berpuasa, berzakat, atau berhaji.
Secara agama, rambut gondrong bagi pria itu tak ada masalah. Mau rambut pendek atau mau rambut gondrong tak perlu dipermasalahkan.Secara kepantasan dan tradisi, kaum pria akan lebih pantas berambut pendek dan tidak berambut panjang/gondrong. Lalu apakah rambut wanita harus panjang? Tak perlu dijawab pertanyaan ini. Wanita muslim berhijab, rambutnya tak terlihat, apakah panjang atau pendek. Yang tahu tentang panjang pendeknya rambut wanita adalah dia sendiri, keluarga di rumah, atau suami romantis yang suka mengelus rambut istrinya.
Zaman Orde Lama, tepatnya RI di bawah rezim Soekarno, soal rambut gondrong adalah soal tabu, tidak disukai, bahkan bisa diterjemahkan sebagai perilaku haram. Kita masih ingat akan grup band anak muda yang kondang tahun 60-an, Koes Bersaudara/Koes Plus. Nomo Koeswoyo bersaudara itu, tampil bermusik dengan rambut gondrong, lagu-lagunya ala The Beatles. Bung Karno kebetulan sedang galak-galaknya mencanangkan Ganyang  Nekolim: Amerika kita setrika dan Inggris kita linggis. Kepada Koes bersaudara, Bung Karno menohok dengan kata-kata julukan lagu Ngak Ngik Ngok! Penampilan Nomo Koeswoyo bersaudara yang gondrong dan lagu-lagu Ngak Ngik Ngok membuat Bung Karno murka. Koes Bersaudara/Koes Plus ditangkap dan ditahan. Padahal banyak penyanyi dan pemusik yang meniru Koes Bersaudara.
Zaman Orde Baru, orang berambut gondrong masih tetap dipandang sinis meskipun rambut gondrongnya tertata rapih. Katanya orang-orang, tak pantas lelaki berambut panjang. Mungkin orang-orang ini melihat mereka yang punya rambut gondrong kerap sering tampil kumel dan dekil, itu sebabnya dibenci. Padahal banyak kaum pria berambut gondrong yang tidak kumel dan dekil. Arbi Sanit dan Mulyana W. Kusuma, dosen Fisipol dan Kriminologi UI, Arswendo Atmowiloto, Romo Mudji Soetrisno, dan Ngkong Ridwan Saidi adalah tokoh-tokoh kondang berambut gondrong.
Meskipun ada beberapa tokoh beken dan pemusik kondang yang berambut gondrong, tetapi tak banyak orang yang mengidolakan mereka dan ikut-ikutan berambut gondrong.
Staf senior yang bekerja di kantor atau kementerian pemerintah yang ingin dan berhasrat promosi jabatan takkan punya nyali memelihara rambut gondrong karena peluang promosi akan terkendala karena rambut gondrongnya. Salah satu staf di kantor dinas pendidikan Provinsi X, senior, kompeten, dan berpendidikan S-2 malah dicoret dari daftar nama calon pejabat Eselon IV karena berambut gondrong dan dia emoh dipotong rambutnya.
Berambut gondrong kalah pengaruh dengan kepala botak. Jadilah orang yang berambut gondrong menjadi kaum inferior di negeri tercinta ini.
Hotel Fave Braga, Bandung, 22 November 2013

2 komentar:

  1. HEHE..BENER KAH ARTIKEL INI ORANG GONDRONG STAGNAN DAN GAK DAPET JABATAN? PADAHAL KENYATAAN KEHIDUPAN NYATA SEHARI HARI BICARA BEDA..ORANG GONDRONG APALAGI GANTENG GAMPANG BANGET NGELEWATIN HIDUP BIARPUN CEKAK SEKALIPUN KARENA HAMPIR SEMUA CEWEK2 SUKA COWO GANTENG APALAGI GONDRONG..BIAR GAK ADA DUIT BANYAK CEWEK2 RELA DIAJAK HIDUP BERSAMA..MAKAN BAKSO DI PINGGIR JALAN AJA TUH CEWEK SAMA GONDRONG GANTENG KAYAK MAKAN DI RESTORAN PALING MAHAL KARENA APA? KARENA TUH CEWEK SEBENARNYA SUKA SAMA COWO TANPA LOGIKA KALO PERASAANNYA NYAMAN DAN SUKA SUSAH BANGET TUH CEWE NGELEPASIN COWO APALAGI GANTENG DAN GONDRONG..BELUM LAGI KALO COWO2 GANTENG DAN GONDRONG KALO LAGI JALAN2 DI MALL...ANJRIT TUH MATA CEWEK2 PADA LIATIN NAPSU BANGET PINGIN CIUM KITE2 YANG GONDRONG DAN GANTENG...GAK KETINGGALAN TANTE2 KAYA DAN BAHENOL TUH LIAT COWO GANTENG DAN GONDRONG LANGSUNG SALAH TINGKAH KALO DISAMPERIN..UJUNG2 TANTE2 ITU MINTA NO WA DAN HAPE TRUS KONTAK2 AJA NGEWE DAN COWO GANTENG DAN GONDRONG MENANG DEH POKOKNYA DALAM MEREBUT PERHATIAN CEWEK!! KALO COWO BOTAK DAN JELEK KENYATAANYA PAHIT BRO..PAHIIT!! ENTE MUSTI NAIK MOBIL MAHAL DOMPET TEBEL PAKAIAN MAHAL BARU BISA GAET CEWE..JANGAN HARAP ENTE2 YANG BOTAK BISA AJAK MAKAN BAKSO KARENA RATA2 CEWE YANG NAKSIR COWO BOTAK ITU MATRE..MATA DUITAN..CABO DAN BISPAK..MEMEKNYA UDAH KEWER KEMANA2..ENTE2 KALO BOTAK JUGA KALO JALAN2 DI MALL SAMA CEWE ENTE PASTI CEWE ENTE RISIH WALAUPUN DIUMPETIN KENAPA? KARENA ORANG2 BAKAL LIAT TUH CEWE PASTI MATA DUITAN MAU JALAN SAMA COWOK JELEK DAN BOTAK..MAU KENALAN SAMA TANTE2 GIRANG YANG CAKEP DAN BAHENOL SERTA KAYA?? HALOOOOOOO? TUH TANTE MENDINGAN NGENTOT SAMA SUPIR DAN AJUDANNYA YANG TEGAP KETIMBANG NGEWE SAMA ELO YANG JELEK DAN BOTAK!!! NAH ITU KALO COWO JELEK DAN BOTAK KAYA KALO KERE..MISKIN DAN PAS2AN? CERITA HOROR BAKAL LEBIH SERAM LAGI...GAK ADA SATUPUN CEWE2 YANG NEMPEL SAMA ELO...JANGANKAN CEWE..ENTE2 YANG BOTAK TIAP HARI DI EJEK DI CENGIN DAN DIRENDAHIN HARGA DIRI ELO SAMPE2 ELO MAU BUNUH DIRI TAU!!

    BalasHapus
  2. COWO BOTAK SEXY? COWO BOTAK KEREN? COWO BOTAK MACHO? COWO BOTAK DISUKAI CEWE? ITU CUMAN HOAX YANG DITULIS OLEH ORANG2 YANG BOTAK YANG PASRAH DAN COBA MENIPU KENYATAAN HIDUP SUKUR2 CEWEK2 TERPERDAYA DAN MAU BERBUKA PAHA UNTUK COWO BOTAK..HAHAHAHA..TAPI COBA DEH ENTE TANYAIN LANGSUNG SAMA CEWE2..SUKA GAK ENTE SAMA COWO BOTAK APALAGI JELEK? HAHAHAHA..TRUS KALO CEWEK SUKA LOE BILANG GUE KENALIN YA SAMA COWO BOTAK YANG NYARI CEWE BUAT DIENTOT JADI BINI MAU KAGA ELO SIS? DIJAMIN TUH CEWE MERAH PADAM PENUH AMARAH...INTINYA APA JAWAB LHA SENDIRI.. LU MAU KAGA ELO COWO2 NIKAH SAMA CEWE JELEK DAN BOTAK? NAH ELO AJA KAGA MAU APALAGI CEWE YANG MHLUK PALING SOK CAKEP..

    BalasHapus