Senin, 23 September 2013

HIKMAH (KEMENANGAN) DI BALIK MUSIBAH



Pendidikan Karakter
HIKMAH (KEMENANGAN) DI BALIK MUSIBAH
Si Dul Anak Musikus Asli, bukan Anak Sekolahan
Dul (inisial namanya yang asli adalah AQJ, 13 tahun) anak bungsu duo musikus/pasutri  yang sudah bercerai, Ahmad Dhani dan Maia Estianty, mengalami kecelakaan fatal berakibat jatuhnya korban jiwa enam orang meninggal di tempat dan sembilan orang mengalami luka parah. Kecelakaan yang terjadi Minggu malam menjelang dinihari itu di lokasi km 8.200 tol Jagorawi, Jakarta Timur, sekitar pukul 00.45 WIB., 8 September 2013, tatkala mobil Mitsubishi Lancer bernomor polisi B-80S-AL yang dikendarai Dul dari arah Bogor – Jakarta dengan kecepatan tinggi (+ 100 km/jam) ke luar jalur dan melewati pembatas jalan sehingga menabrak Gran Max B-1349-TFN dan Avanza B-1882-UZJ yang melintas dari jalur berlawanan arah (Jakarta – Bogor). Dul sampai saat ini masih dirawat secara intensif di salah satu rumah sakit ternama di bilangan Pondok Indah. Masa-masa kritis sudah berlalu. Dul sudah bisa diajak berkomunikasi.
(Berita terakhir, korban tewas bertambah menjadi tujuh orang. Dia adalah Robby Yassar Affan, 35 tahun, meninggal di Rumah Sakit Meilia, Cibubur, pada pukul 03.40, Sabtu, 14 September 2013.)
Menurut sumber yang layak dipercaya, sebelum mengalami kecelakaan, Dul sempat bertandang ke rumah Arin Fajrina, kekasihnya, di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Dul pun mengajak Arin, makan malam di Social House, kafe bernuansa Barat, di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, hingga sekitar pukul 23.00.
"Setelah dinner, saya, Dul, serta Nouval, mengantarkan teman kami, Diva, pulang ke rumahnya," kata Arin Fajrina kepada Tempo, Senin, 9 September 2013.
Apa dampak yang kasat mata akibat kecelakaan tersebut?
Korban manusia ada tujuh orang tewas dan sembilan orang luka parah dan masih dirawat di rumah sakit; Korban harta benda ada tiga mobil hancur: Mitsubishi Lancer bernomor polisi B-80S-AL, Grand Max B-1349-TFN, dan Avanza B-1882-UZJ; pembatas jalan tol rusak.
Petugas dan aparat menjadi sibuk luar biasa: petugas Jasa Marga yang empunya jalan tol; DLLAJR; Polisi Lalu Lintas; petugas ambulans; dokter dan perawat di rumah sakit; para pengguna jalan yang terhambat.
Orang-orang yang berduka: istri yang kehilangan suami; anak yang kehilangan ayah; orang tua yang kehilangan anak; sanak yang kehilangan sanak; kawan yang kehilangan kawan; keluarga yang kehilangan tulang punggung keluarga;
Masih ada kerugian materi, fisik, dan psikis yang dialami oleh orang-orang tertentu yang terkait langsung pascakecelakaan: Ahmad Dhani dan anak-anaknya (secara moral) harus datang bersilaturahim kepada keluarga korban, baik yang meninggal maupun sedang dirawat, sebagai bukti bahwa dia siap bertanggung jawab menanggung resiko akibat kelalaiannya. Ahmad Dhani, Maia, dan Dul harus berurusan dengan pihak berwajib berkaitan dengan masalah hukum, terlebih lagi Dul telah ditetapkan sebagai tersangka utama dalam kecelakaan maut itu. Begitu pun yang harus dialami oleh Arin Fajrina sang kekasih dan tentu juga sopir pribadi dari Dul.

Zaskia Gotik
Nama asli yang tertera di dalam akte kelahiran dan KTP-nya adalah Zaskia Shinta (23 tahun). Zaskia Gotik (goyang itik) adalah nama gelar yang didaulat oleh masyarakat penikmat dangdut karena goyang dangdut miliknya yang merupakan ciri khasnya, mirip goyang itik/bebek (bandingkan dengan Inul yang punya Goyang Ngebor, Dewi Persik yang punya Goyang Gergaji, atau Anisa Bahar yang punya Goyang Patah-patah).
Pertunangan Zakia Gotik (yang punya lagu hit  Seribu Alasan) dengan Vicky Presetyo yang dihelat di hotel mewah Kempinski, Minggu, 1 September 2013, dengan biaya ratusan juta rupiah hanya berusia beberapa hari dan kemudian bubar. Konon Vicky menggelontorkan uang Rp 350 juta untuk membiayai perhelatan pertunangan itu (katenye die). Suasana pertunangan yang meriah, penuh tawa dan senyum sumringah penuh rasa bahagia harus diakhiri secara sepihak oleh Zaskia Gotik. Kenapa begitu singkat masa pertunangan itu? Zaskia Gotik yang tadinya berbangga hati bakal bersuamikan seorang Vicky yang konsultan keuangan bergaji puluhan juta per bulan (???) dan seorang lajang tulen ternyata itu semua hanya mimpi dan kata-kata dusta. Vicky yang konon mengaku sebagai anak orang kaya, berprofesi sebagai pengusaha, selebritas, dan juga pengacara (menurut pengakuannya sendiri kepada orang-orang, teman-teman dekat, dan satu dua orang penyanyi dangdut, sebutlah namanya Camelia Petir, Deasy Vitaro, dan Ade Nurul) ternyata tak lebih seorang penipu kelas teri yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) aparat penegak hukum.
"Aku hanya empat bulan pacaran sama dia, di tahun ini. Orangnya penuh janji-janji manis. Aku sempat dijanjikan mau dibelikan rumah, apartemen dan mobil. Tapi itu semua bohong," ujar Deasy Vitaro membeberkan perilaku Vicky semasih mereka berpacaran.
"Ngaku sama saya dia anggota DPR, pengusaha dan anak pejabat, tapi itu semua bohong. Mobil saja dia nggak punya. Kalau jalan, pakai mobil saya. Kalau jajan, saya kok yang bayarin. Dia hampir nggak pernah keluarin uang," imbuh Deasy.
Vicky diciduk aparat penegak hukum dan kemudian dijebloskan ke dalam jeruji besi. Zaskia Gotik lebih bersedih lagi karena ternyata Vicky ketika melamarnya, telah memiliki istri, dan masih berstatus sebagai suami yang sah dari seorang wanita yang bernama Rahma Nuraini.
Jadi tidak salah jika Zaskia Gotik membatalkan pertunangannya secara sepihak karena hatinya terluka dan tak bisa tidak pasti menanggung malu. Bahkan kedua orang tuanya sempat jatuh sakit dan sock dengan peristiwa itu. Meskipun dia didera perasaan sedih dan malu, tentu tidak lantas menjadikan dia patah arang untuk merajut cinta dengan seorang lelaki, tidak lantas kehilangan ciri khasnya yang manja, dan lebih dari itu, tidak lantas kehilangan ciri khas goyang itik di panggung dangdut.
Ya, manusia memang pasti mengalami pasang surut kehidupan, senang susah, suka duka, dan naik turun menjalani kehidupan. Ada anugrah ada musibah. Ada karunia ada bala. Di balik anugrah kenikmatan yang melimpah, ada musibah, dan di balik musibah ada hikmah yang indah (kelak, belakangan, akhirnya). Begitulah yang terjadi dengan kehidupan empat anak manusia yang telah diceritakan di halaman terdahulu.
Dul anak musikus asli (Ahmad Dhani dan Maia Estianty) yang bukan anak sekolahan, mengalami bencana besar dalam kecelakaan yang terjadi terhadap dirinya (dia pula yang disangkakan dan dijadikan statusnya sebagai tersangka). Anak seusia Dul (13 tahun), hadir sebagai anak orang kaya, pasangan selebritas pula, wajar menerima limpahan kasih sayang dan cinta dari kedua orang tuanya. Sayangnya cinta dan kasih sayang itudia nikmati sampai dia berusia sembilan tahun saja karena kedua orang tuanya telah bercerai sudah empat tahu lebih. Cinta dan kasih sayang kedua orang tua tercinta yang didamba itu telah retak tidak utuh lagi. Kasih sayang dan cinta yang tidak utuh diberikan berdampak tidak utuh  pula yang dirasakan anak. Sengketa Dul berada dalam pengampuan sang Ayah yang sibuk dan punya seabrek kegiatan yang berakibat kurangnya cinta, kebersamaan, perhatian, dan pendidikan. Sangat wajar kalau Dul mendapatkan kompensasi dalam bentuk harta dan barang mewah yang sepatutnya belum waktunya didapatkan oleh anak seusia itu. Godaan setan (nafsu, hasrat berlebihan) terhadap anak seusia Dul jangan dianggap remeh. Buktinya, Dul menjadi anak yang malas datang/masuk sekolah (membolos) dan dia pun dikembalikan kepada orang tua karena guru sudah angkat tangan karena tak mampu lagi  mendidiknya. Dul sudah pandai bahkan mahir mengemudi mobil sendiri di samping punya sopir pribadi pula. Hebatnya lagi, Dul sudah punya pacar pula (penulis kebetulan menyimak jawaban Ahmad Dhani ketika ditanya oleh wartawan tv perihal petaka kecelakaan, bahwa Dul abis mengantarkan pacarnya. Wadouh,usia baru 13 tahun sudah punya pacar!). Daya pikir ala anak-anak dalam masa usia transisi ABG pun terlintas untuk itu dan dia mempraktikkan kemahirannya melarikan mobilnya lebih jauh lagi. Saat itu pun tiba. Entah bagaimana caranya, dia melarikan mobilnya keluar rumah, melintas di jalan raya, dan akhirnya berani melarikan mobil mewahnya di jalan tol (khas kebanggaan seorang anak usia ABG. Dia memang mahir mengemudi tetapi usianya belum cukup dan belum memiliki mental yang memadai (kematangan berpikir panjang; lagi pula usia 13 tahun tak diizinkan oleh Undang-undang untuk mengendarai kendaraan bermotor)  yang berakhir dengan kecelakaan yang membawa petaka bagi dirinya, keluarganya, dan banyak orang.
Itulah musibah, namun di balik musibah itu ada berkah (kemenangan) bagi Dul. Semoga Dul anak musikus asli memperoleh pembelajaran yang indah dengan tragedi itu. Kita doakan semoga dia cepat sembuh seperti sediakala, dan mampu berkiprah sebagai anak bermasa depan indah.
Ahmad Dhani dan Maia Estianty sebagai orang tua dari Dul tentu amat sangat berduka dan mereka tak sanggup menyembunyikan rasa duka meskipun keduanyaberusaha agar tetap tampak tegar menghadapi musibah yang menimpa anak bungsunya. Mereka berdua pastilah orang tua yang cerdas dan penuh tanggung jawab. Meski mereka berdua berada di rumah yang berbeda, namun sikap sosial dan tanggung jawabnya benar-benar tampak. Kita lihat Ahmad Dhani menyambangi para keluarga korban yang tewas dan menyantuni keluarga yang ditinggalkan. Bukan soal besar kecil nilai nominal santunan, tetapi perhatian dan tanggung jawab Ahmad Dhani sebagai orang tua dari Dul.
Kemenangan diraih oleh Ahmad Dhani di balik musibah itu, yakni pencerahan sikap spiritual, individual, dan sosial Ahmad Dhani dan Maia. Uang, materi, harta benda, dan kemewahan  bukanlah segalanya yang dapat membahagiakan kehidupan anak. Semua itu semu belaka.
Siapa tahu ke depannya, Ahmad Dhani dan Maia yang bercerai bisa menghilangkan ego masing-masing, menyatukan kata, bersepakat melangkah seiring dalam mendidik anak-anak, meski berpisah rumah, tak ada yang salah. Kalaulah mereka bisa islah dan rujuk, tentu saja lebih indah.
Jadi, di balik musibah ada anugrah yang berujung berkah.
Zaskia Gotik mengalami musibah karena tertipu mentah-mentah (?) oleh seorang lelaki yang sempat dicintainya dan hampir saja menjadi suaminya, Vicky. Mungkin saja perasaan cinta yang kebelet (emosional) Zaskia Gotik kepada Vicky mengalahkan penalaran akal sehat (rasional). Zaskia kepingin nasibnya beruntung seperti Cinderella tetapi malah buntung alias antiklimaks. Ternyata, Vicky itu tak lebih dari lelaki Don Juan berkantong tipis pas-pasan yang ingin tampil hebat kayak lakon wayang Petruk Jadi Ratu tetapi malahan mati kutu. Wajahnya lumayan tampan merayu tetapi kelakuannya menipu.
Zaskia Gotik memperoleh berkah (kemenangan) di balik musibah itu. Zaskia menjadi lebih cerdas untuk lebih selektif memilih calon suami ke depannya. Lebih dari itu Zaskia Gotik menjadi lebih tenar (more famous than before). Nama tambah tenar rejeki akan lebih jembar.
Benar, kan?
Jakarta, 23 September 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar