Rabu, 29 Januari 2014

AKHLAK TERBAIK, AKHLAK BAIK, DAN AKHLAK TERCELA



AKHLAK TERBAIK, AKHLAK BAIK, DAN AKHLAK TERCELA
(Akhlak muslim dalam kehidupan sehari-hari)

Akhlak terbaik
Akhlak terbaik (khuluqin ‘adziem; akhlak yang agung) itu adalah atribut akhlak yang disematkan oleh Allah kepada Nabi saw. (Simak QS 68: 4). Tapi jangan kita sebagai muslim menyikapi secara keliru makna kata adziem atau agung tersebut.
Sering kali yang terjadi sikap muslim seperti ini: akhlak agung itu hanya milik Muhammad saw; Yang diterjemahkan keagungan itu adalah sosok Muhammad.Lalu dicarilah, dibuatlah, diada-adakanlah dalil dewekan, bahwa Muhammad saw itu memang lain dari yang lain, berbeda dengan kita umatnya. Ketika ditanya kepada mereka para pembuat dalil dewekan ini, bedanya di mana? Jawabnya aneh, “Pokoknya beda! Nama Muhammad sudah ada lebih dahulu sebelum orangnya ada. Pertama, Namanya, Nur Muhammad, lebih dahulu ada sebelum Adam diciptakan. Kedua, Namanya sudah dicantumkan dan disebutkan dalam Kitab Injil. Dalil dewekan selanjutnya, karena itu, konsekuensinya adalah,
Kita, umat Muhammad saw, umat Islam, tidak akan bisa mencapai keagungan akhlaknya.”
“Hayyyaaa! Owe wetul-wetul wingung!” celetuk Kokoh Haji Oei.
Inilah model dalil dewekan karena ada faktor interest (kepentingan) dari pembuat dalil abal-abal di atas.
Frasa ‘Akhlak Agung Muhammad’ berbeda dengan frasa ‘Muhammad yang Agung’.
Akhlak Agung (khuluqin ‘adziem) Muhammad itu, seperti yang telah disematkan oleh Allah, memang benar dan harus diyakini sebagai kebenaran tak terbantahkan. Mengapa?
Allah Yang Maha Mencipta Muhammad; Allah Yang Maha Menghidupkan, Maha Memeliharanya, Maha Melindunginya, Maha Penganugerah rahmat kebaikan, dan Maha Pencabut nyawanya, dan Muhammad pun wafat!”
Frasa ‘Muhammad yang agung’ itu buatan manusia belaka. Simaklah frasa sejenis berikut ini:
Alexander The Great atau Aleksander yang Agung atau Iskandar Dzulkarnain yang Agung; Apanya yang agung? Iskandar Dzulkarnain agung ada di langit atau kekuasaannya yang besar?
Ali bin Abi Thalib Pedang Allah; Apakah Ali itu pedang Allah?
Umar bin Khattab Singa Padang Pasir; Apakah Umar itu singa padang pasir bukan manusia? Memangnya ada singa di padang pasir?
Jesus Putra Allah; Allah kan lam yalid wa lam yuulad?
Richard from England The Lion Heart atau Richard si Hati Singa; Apakah hatinya Richard itu sama bentuknya dengan hati singa?
Soekarno Pemimpin Besar Revolusi; Apakah Soekarno itu pemimpin yang besar badannya?
Simak lagi frasa sejenis berikut buatan manusia:
Kota suci Mekkah; Mekkah suci dari apa? Suci dari najis? Tidak ada orang yang buang hajatkah?
Sungai Gangga sungai suci; Sucinya Gangga bagi pandangan umat Hindu. Artinya suci di situ adalah, semua umat hIndu di India jika ingin suci dari segala dosa, harus mandi dengan air Sungai Gangga. Kalau untuk umat non-Hindu pandangannya bagaimana tentang Sungai Gangga itu?
“The water in Gangga river is very dirty!” said Walker, a Christian.
“Laa ightasal fil Gangga. Tawassakhat al maa’uhu!” yaquulu  Amr’, a moslem.
Tanggal 17 Agustus tanggal keramat; Tanggal keramat bagi siapa?
Hari Senin hari yang baik; Hari Sabbath (Sabtu) hari baik. Hari baik bagi siapa? Kalau enam hari yang lain dalam seminggu itu namanya apa?
Hari Selasa hari apes; Hari apes bagi siapa?
Group D dalam PD 2014 adalah ‘grup neraka’. Apa iya ada Grup neraka diikutkan dalam PD 2014 di Brazil?
Dll.
Berlanjut …,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar